Jelajah Kepekatan

Pengunjung

3.18.2009

Teknologi vs Kehidupan Sosial

Anda pasti bertanya-tanya, ap maksud dari judul diatas.
Begini saya berfikir apakah kemajuan teknologi selalu berdampak positive bagi kehidupan manusia. Jawabanya pasti beragam, tergantung dari aspek sudut pandang mana kita mengamati serta meninjaunya. Namun bagaimana jika teknologi dipadukan dengan kehidupan sosial....?

Disini saya membicarakan teknologi dalam bidang telekomunikasi khususnya internet. Akhir-akhir ini kemajuan teknologi dibidang internet sunguhlah sangat pesat, bayangkan saja beberapa tahun yang lalu internet hanya di gunakan oleh mereka orang-orang kalangan atas, bisnisman ataupun para pejabat dan kegunaannya hanya sekedar untuk mencari informasi saja. Namun sekarang internet sudah melesat bagai roket, penikmanya tidak lagi dari kalangan atas, bisnisman atau para pejabat namun para remaja, unknown user sampai anak pun mengenal dan menjadi pemakainya. Kegunaannya pun tidak hanya sekedar media informasi saja namun sudah berkembang. Mulai bisnis, game, sosial network, sampai promosi caleg dan pejabat pemerintah.

Namun hal ini tidak selamanya berdampak positive, banyak dari fasilitas-fasilitas internet yang memiliki effect negative seperti pornografi, propaganda-propaganda info-info palsu yang membuat perpecahan diantara kita. Dampak negative lain internet adalah masalah kesehatan, karena terlalu banyak bermain internet bisa membuat mata kita sakit.

Saat ini fasilitas internet sudah memasuki tahap network sociaty, dmn banyak bermunculan situs-situs dan forum-forum di internet yang memungkinkan para anggotanya untuk berkomunikasi secara real time. Kita ambil contoh Facebook yang sekarang ini lagi buming. Facebook memungkinkan para penggunanya untuk bisa chatting saat itu juga ketika teman atau kerabat si pengguna sedang sama-sama online. Selain itu facebook juga memungkinkan penggunanya untuk mengekspresikan diri sebebas - bebasnya. serta bermain game. Hal ini sebetulnya menguntungkan, mengingat kita bisa berkomunikasi walau teman atau kerabat kita berada di daerah yang jauh. Namun hal ini kadang berakibat buruk ketika seseorang menjadi ketagihan dan kecanduan akan hal itu, yaitu ketika seseorang ingin selalu online untuk melihat ada info atau comment dari temen atau kerabat, atau mungkin hanya online hanya untuk sekedar merubah tampilan atau sekedar bermain game.

Untuk masalah game online sendiri tidak kalah dengan facebook. Game online bagi yang belum tahu adalah game yang bisa dimainkan secara online melalui internet. Game ini berbagai macam jenisnya mulai dari game sederhana ala soliter sampai game online bertipe rumit ala world of warcraft. Game-game ini sangat menyenangkan dan bersifat atraktif karena di game ini kita bisa berinteraksi secara real time dengan orang lain di belahan bumi manapun melalui karakter kita di game. Banyak di antara player-player game online yang menjadi kecanduan dan mengabaikan kehidupan sosialnya, mereka betah berlama-lama di depan monitor untuk bermain game, menjadi yang terbaik dan terhebat dalam game merupakan keinginan mutlak seorang player.

Jadi apakah anda menjadi pengguna teknologi yang membuat anda menjadi orang yang banyak teman namun tidak mengetahui secara real ataukan menjadi orang yang banyak teman real ataukah menjadi pengguna teknologi yang laen.., keputusan ada di tangan anda..????


0 komentar:

Posting Komentar

The Keeper

Ekspresikan Dirimu

Name :
Web URL :
Message :