Jelajah Kepekatan

Pengunjung

3.18.2009

Misteri Black Hole

Black hole atau lubang hitam adalah sebuah lubang yang berada di luar angkasa, lubang ini memiliki kemampuan untuk menarik sesuatu yang berada di sekitarnya ke arah intinya. Lubang hitam mirip banget dengan segitiga bermuda yang berada di Amerika


Bedanya jika segitiga bermuda menarik pesawat terbang dan kapal laut black hole lebih hebat lagi, black hole menarik material-material angkasa, planet sampai matahari bahkan partikel-partikel cahayapun tidak lolos darinya.Teori lubang hitam dikemukan 200 tahun lalu, tepatnya tahun 1783 oleh Jhon Michel setelah mengkaji teori dan meneliti teori Isaac Newton, tentang gravitasi. Sedangkan Istilah Lubang Hitam sendiri baru diperkenalkan sekitar tahun 1986 oleh seorang ahli fisika Amerika Serikat, John Archibald Wheelar. Penamaan Black Hole diberikan karena black hole tidak dapet terlihat, hal ini dikarenakan parikel cahaya juga ikut tertarik masuk kedalam inti black hole, yang mengakibatkan daerah di sekitarnya. Berdasarkan pada teori evolusi Black hole tercipta dari sebuah bintang biru yang memiliki suhu permukaan sekitar 25.ooo°c.

Banyak sekali black Hole digalaksi ini, bahkan di galaksi Bima Sakti pun di perkirakan ada black hole. Para ahli memperkirakan posisi black hole dengan cara memperhatikan cahaya dan gas yang ada di sekitarnya. Jika di suatu tempat di luar angkasa tidak terdapat cahaya dan banyak terdapat partikel-partikel atau benda-benda angkasa yang menuju satu titik maka dapat dipastikan disitu terdapat Black hole.

Jika Black Hole didefinisikan sebagai sebuah lubang yang menarik semua benda yang ada disekitarnya, bahkan termasuk juga partikel cahaya, apakah black hole di bima sakti akan menelan bumi dan juga matahari. Para ahli memperkirakan tidak karena sifat dari Black Hole di galaksi bima sakti jauh lebih tenang.

Info lebih lanjut di sini

0 komentar:

Posting Komentar

The Keeper

Ekspresikan Dirimu

Name :
Web URL :
Message :